Monday, November 10, 2008

Pengin Punya Laptop

Manusia memang kurang bersyukur, kita lebih memperhatikan apa yang belum kita miiki daripada melihat apa yang sudah kita miliki. Arvan Pradiansyah pernah menyitir dalam salah satu bukunya yang berjudul “ You Are A leader “ bahwa salah satu cara menjadikan kita bahagia adalah memfokuskan pikiran kita terhadap apa yang kita miliki, bukan sebaliknya memikirkan apa yang belum kita dapatkan, Perhatikanlah saat kita berjalan, kalau kita berjalan tentunya kita akan banyak melihat kebawah ( supaya tidak tersandung batu ) dengan sesekali menengok keatas ( Apakah cuaca cukup bersahabat dengan kita ), kadangpula kita melihat lingkungan sekitar kanan, kiri dan depan untuk memastikan jalan yang kita tempuh adalah jalan yang benar, sehingga perjalanan pun menjadi menyenangkan. Bayangakan seandaniya kita berjalan dengan selalu menunduk tanpa menengok keatas atau menongok keatas terusa tanpa merunduk kebawah bagaimana akhir perjalanan kita..?

Filosofi jalan menjadi menarik untuk diperhatikan, hal itu mencerminkan perjalanan hidup manusia. Agar perjalanan hidup kita bisa menyenangkan tentunya setiap sisi kehidupan kita harus seimbang, adakalanya kita mesti melihat ke bawah agar selamat dari kerikil tajam kehidupan, sesekali melihat keatas unutk memastikan bahwa cuaca kehidupan cukup bersahabat, Melihat kanan kiri dan depan berarti mencermati lingkungan sekitar kita.

Saat masih punya handphone tipe lama ( display non warna ), perasaan ingin ganti handphone yang baru sangat ngebu - ngebu , banyak alasan yang berusaha membenarkanya perasaan itu, misalnya : masak kalah sama anak anak handphone nya saja sudah ada kameranya,, masak kalah sama yang tidak kerja handphone nya saja sudah ada infrarednya, blututnya dan banyak fasilitas yang lain, dan masih banyak alasan lain yang intinya membenarkan untuk memutuskan beli handphone baru. Akhirnya ganti handphone pun dilakukan , saat itu aku memilih yang ada infrared, layer warna dan cupup untuk MMS, akhirnya ujung – ujungnya aku hanya manfaatkan untuk SMS dan telpon aja …,

Begitu juga saat aku belum punya Laptop , rasanya pengen banget punya Laptop, bayangannya kalau nanti aku punya Laptop aku akan memanfaatkan waktu sebaik – baiknya supaya lebih produktif dan berharap bisa cari duit tambahan dari aktifitas ketik – mengrtik dengan Laptop, Apalagi setelah mendegar informasi dari internet bahwa kita bisa cari duit lewat internet , seaakn semakin menbenarnya untuk segera memutuskan beli Laptop tanpa memperhatikan kondisi keuangan keluarga saat itu.

Teman – teman , Kadang kita lebih banyak fokus kepada apa yang belum kita miliki daripada fokus pada apa yang kita miliki, sehingga seakan kita menjadi orang yang paling miskin yang tidak punya apa –apa. Mulailah mensyukuri apa yang sudah kita miliki : kesehatan, keluarga yang utuh, pekerjaan tetap dan seribu alasan untuk mensyukuri apa yang anda miliki saat ini, Saat tertentu tengoklah keatas untuk memberi motivasi bahwa

0 comments: